Senin, 7 Agustus 2017, sempat gugup sih karena Senin kemarin ternyata ada upacara padahal rencana awal saat sampai sekolah mau langsung pasang pokemon yang sudah ada barcodenna di titik tikik yang sudah saya tentukan tapi apa daya harus saya pending dulu dan mengikuti upacara. Selesai upacara saya pun langsung bergerak cepat untuk memasang pokemon pokemon itu, alhasil keringat mengucur deras di badan. Selesai sudah saya pasang pokomennya kemudian masuk kelas dalam kondisi berkeringat dan terengah-engah karena kelelahan.
Setelah selesai berdoa, saya tanya anak-anak, “siapa yang hari ini bawa HP?” sebagian menjawab dengan penuh was-was dan sebagiannya cuma diam. Mungkin mereka pikir saya akan melaukakan razia HP. Saat saya jelaskan kalau kita hari ini belajarnya pakai HP semua sontak riang menjawab “Saya juga bawa Pak! Hahahahaaa….” (tertawa terbahak bahak). Saya minta anak-anak untuk download aplikasi barcode generator dan KBBI V di palay store dan mereka pun bertanya “Untuk apa Pak Jay?” aku jawab “Buat berburu pokemon.” timpal mereka “Wah asyik nih!”.
Setelah selesai penginstalan kedua aplikasi tersebut saya pun bersama-sama meurumuskan tujuan pembelajaran dan memberikan pengarahan agar kegiatan pembelajaran ini tetap berlangsung kondusif dan efektif. Saya membagi mereka menjadi 7 kelompok karena memang jumlah kelas ini cukup gemuk yakni 35 siswa. Kita melakukan simulasi untuk penscenan barcode dan mencoba mencari makna kata dalam aplikasi KBBI, setelah lancar kami memutuskan untuk langsung beburu pokemon yang ada di sekitar halaman sekolah.
Proses belajar yang seperti ini jarang saya lihat. Sempat terpikir apakah mereka akan sungguh-sungguh belajar atau hanya sekadar bermian saja kalau saya menggunakan strategi ini. Tetapi saat saya ikuti dan pantau pergerakan mereka diluar dugaan saya, mereka bernar-benar serius belajar, mereka antusias berburu pokemon terlihat begitu gembira dan mereka juga berkerjasama untuk menjawab pertanya-pertanyaan yang mereka temukan di gambar pokemon.

AKU BAHAGIA MELIHAT KALIAN BELAJAR TANPA KETERPAKSAAN.

Terima kasih teman-teman KGB Pekalongan. 🙂

NIDJI LASKAR PELANGI

Be Sociable, Share!